Pertemuan Orang Tua

Pertemuan Orang Tua

Pada tanggal 10 Februari, pertemuan orang tua monev telah dilakukan dengan diikuti 24 peserta dari 29 PAUD binaan Yayasan Sulinama. Pertemuan ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran dalam bulan Januari 2015 dari sudut pandang orang tua yang setiap hari datang mengantarkan anak mereka ke sekolah. Evaluasi dilakukan pada 5 aspek yaitu aspek anak, aspek guru, aspek administrasi sekolah, aspek pengaturan kelas dan juga aspek orang tua.

Dalam pertemuan bulan ini peserta dibagi dalam kelompok kemudian mereka diminta untuk menggambar sebuah tempat belajar PAUD yang ideal. Rumah yang dilengkapi dengan taman bermain.

Sesudah itu setiap peserta diminta untuk menuliskan hal-hal baik apa saja dari setiap asepk yang mereka lihat dalam PAUD masing-masing lalu enuliskannya digambar rumah PAUD. Selain melihat hal-hal yang baik, peserta juga diminta untuk menuliskan hal-hal yang menjadi tantangan dari ke 5 aspek yang ada.

 

Pertemuan ditutup dengan sesi “Balajar tu bisa dimana saja..”. Dalam sesi ini orang tua diminta untuk mendorong anak belajar di rumah sesuai dengan tema cuaca yang akan diajarkan di sekolah. Orang tua bersemangat ketika berperan sebagai mama dan anak dimana mama mencoba menceritakan ke anak tentang asal hujan, bagaimana terjadi banjir dan tanah longsor dan memperkenalkan musim yang ada di Indonesia.

 

Orang tua menemukan bahwa dalam proses belajar dimana saja, mereka harus merangsang anak berpikir kritis dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka sehingga akhirnya anak dapat men e mukan sendiri jawabannya bukan langsung diberitahukan oleh orang tua. Hal ini sedikit sulit namun menantang orang tua untuk belajar dan mengajarkan dengan lebih baik lagi.

 

Rapat orang tua yang diadakan di PAUD Kicau Ceria (Saparua) pada tanggal 16 Maret dan dihadiri oleh 2 wakil orang tua. Rapat ini membahas bagaimana    pantauan orang tua terhadap PAUD selama tema Cuaca. Tim kami juga mengambil waktu untuk membagi pengetahuan mengenai tahap pratulis, agar orang tua dapat mendukung proses belajar anak di rumah sesuai perkembangannya. Orang Tua senang mengetahui bahwa dengan kesempatan mencoret dan menggambar, itu juga merangsang kemampuan motorik halus dan pratulis anak.

 

Pada tanggal 6 Mei, Yayasan Sulinama mengadakan pertemuan evaluasi tahun ajaran bersama orang tua monev dari setiap PAUD binaan dengan tujuan untuk melibatkan orang tua secara intensif dalam proses tumbuh kembang anak. Dalam hal ini tidak melibatkan semua orang tua. Untuk itu pihak pengelola sekolah bermufakat menentukan 1 orang tua monev dari orang tua anak yang aktif bersekolah dengan harapan orang tua monev tersebut akan turut serta memperhatikan pembelajaran anak di sekolah dan juga memberi pengaruh yang positif kepada orang tua lain di PAUD agar terlibat dalam proses tumbuh kembang di rumah. Dalam pertemuan ini dihadiri oleh 16 orang dari 29 PAUD binaan Yayasan Sulinama.

 

Pada akhir tahun ajaran ini, Yayasan Sulinama memfasilitasi kegiatan yang bersifat refleksi atau evaluasi terhadap orang tua yang didalamnya ada 4 bagian yang menjadi sorotan yaitu anak, keadaan kelas/proses pembelajaran, kinerja guru dan diri sendiri selaku orang tua maupun peran selaku orangn tua monev.

Peserta diajak untuk menuangkan hasil refleksi mereka dalam bentuk gambar dan tulisan.