Kilasan 2013

Yayasan Sulinama dan PAUD-PAUD di tahun 2013
Tanpa terasa satu tahun pelajaran di PAUD sudah berlalu. Bagaimana perkembangan pertumbuhan anak-anak Anda? Kami yakin orangtua dan guru-guru bisa melewati tahun ini dengan perasaan senang dengan melihat perkembangan anak-anaknya. Demikian juga guru-guru PAUD pasti berbangga hati dengan hasil asuhan mereka. Yayasan Sulinama turut merasa bangga dengan perkembangan PAUD-PAUD dan guru-guru. Kami mengucapkan banyak terima  kasih atas kerja sama dan kerja keras mereka, dan atas keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak-anak. Selama tahun 2013 Sulinama telah melayani PAUD-PAUD sebagai berikut:

 

Jumlah PAUD Jumlah Guru Jumlah Anak
Pulau Ambon: 22 PAUD
62 528
Pulau Haruku: 1 PAUD 3 36
Pulau Seram: 5 PAUD 19 145
Pulau Saparua: 3 PAUD 10 59
Pulau Nusa Laut: 1 PAUD 3 18
Yang pindah ke TK   50
Yang pindah ke SD   261
Selain itu kurikulum berbahasa  sehari-hari juga digunakan di
Papua: 6 PAUD 15 74
Kei: 3 PAUD 7 49
Dobo: 1 PAUD 2 18
Total 121 1097

 

Wajah baru buku-buku Sulinama                        

 Buku RKH (Rencana Kegiatan Harian) dan buku-buku ajar Sulinama lainnya kini memiliki sampul baru. Buku-buku RKH juga sudah mempunyai nomor ISBN, yang artinya  ada hak cipta resminya.

     

Selamat buat PAUD berprestasi!

Keluarga besar Sulinama turut bergembira bersama PAUD Anastasia dan Mawar Unpatti yang meraih penghargaan dari Pemerintah. PAUD Anastasi dinobatkan sebagai  juara PAUD berprestasi se-Provinsi Maluku, dan PAUD Mawar Unpatti di Gugus Nusaniwe. Kedua PAUD ini diakui mempunyai kurikulum dan kegiatan anak 5-6 tahun yang bisa dipakai sebagai model.

 

Pembinaan PAUD-PAUD oleh Sulinama

 Guru-guru PAUD binaan Yasasan Sulinama tidak pernah ketinggalan untuk  mengembangkan diri dalam dunia anak. Sulinama mengadakan pelatihan Belajar Berarti Berubah untuk membantu guru membuat persiapan mengajar dengan baik. Pelatihan ini diadakan pada April dan Juni 2013, diikuti 20 peserta. Selain itu, guru-guru mengikuti rapat evaluasi bulanan di Sulinama untuk mengevaluasi hasil belajar tema bulan sebelumnya dan menyiapkan diri untuk tema baru.

 

Sulinama mengucapkan terima kasih kepada wakil-wakil orang tua yang sudah ikut serta memantau kegiatan setiap PAUD dan memberi masukan kepada Sulinama setiap bulan. Selain itu, teman-teman dari Sulinama secara teratur mengunjungi setiap PAUD dan membantu guru-guru supaya proses kegiatan dalam kelas berjalan lebih lancar dan lebih baik. Terima kasih atas kerja sama dari ibu-ibu guru.

 Supaya anak-anak tambah semangat, Sulinama juga menyediakan buku-buku cerita yang menarik dan mainan-mainan edukatif bagi PAUD.

 Untuk mengembangkan keterampilan manajemen PAUD, maka Sulinama membuat pelatihan Training Pro-Active leadership bagi 37 peserta yang terdiri dari bapak dan ibu pengelola, dengan narasumber dari Provesional Development Consultant dari Jakarta.

 

Tenaga yang terampil  akan melayani dengan baik

Staf Sulinama juga memerlukan pembinaan, supaya bisa melayani PAUD-PAUD dengan lebih baik. Oleh karena itu, beberapa staf memberi makalah di  Asian Literacy Conference di Bali dan Multilingual Education for All in Asia Pacific: Policies, practices and processes di Bangkok. Staf Sulinama juga sangat menikmati pelajaran bahasa Inggeris setiap minggu sebagai cara untuk menyiapkan diri dalam interaksi global. Mereka juga mengikuti pelatihan mengadaptasikan cerita yang diadakan tanggal 1-2 Agustus dan menghasilkan banyak cerita baru untuk kurikulum PAUD bahasa Ibu. Selain itu, Sulinama juga kedatangan seorang tamu dari Finlandia yang melatih pelukis Sulinama dalam hal-hal teknis supaya kualitas gambar cerita semakin baik. Tahun 2013 memang tahun pertumbuhan untuk staf Sulinama!

 

Lomba anak

Waoooooo!!! Asik ... Lari ke sana, lari ke sini, lompat, tertawa, teriak… Itulah suasana menyenangkan selama lomba anak-anak PAUD binaan Sulinama. Ada yang bermain basket, ikut estafet bola.  Ada juga yang ikut gerak jalan cepat sambil membawa bola dan  lari mengambil bentuk-bentuk. Lebih seru lagi, ada lompat karung 

sambil mencari angka dan huruf. Terima kasih atas partisipasi orang tua dalam mengatur lomba ini, dan juga keikutsertaan anak-anak didik, di kota Ambon sebanyak 428 anak, di Piru dan Kamariang 125 anak,  dan di Pulau Lease 144 anak.

 

Pelatihan bagi guru-guru PAUD lain

Karena adanya minat yang besar dari PAUD-PAUD lain, Yayasan Sulinama juga diminta untuk mengadakan pelatihan di beberapa tempat. Peserta yang mengikuti pelatihan sangat antusias dan bersemangat menerima setiap materi dan tips-tips APE yang diberikan. Beberapa PAUD bahkan tertarik untuk menggunakan kurikulum PAUD-B2S dan setuju bahwa bahasa Ibu adalah bahasa yang tepat untuk anak PAUD.  Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan adalah 46 orang dari 34 PAUD di pelatihan Saparua, 34 dari 12 PAUD di Dobo, dan 42 dari 26 PAUD di Tual.

 

Wisuda anak-anak PAUD

Bulan Juni selalu membawa rasa lega bagi anak-anak PAUD dan orang tua, setelah satu tahun mengikuti kegiatan PAUD. Biasanya banyak PAUD merayakan kegembiraan ini   dengan acara “wisuda”. Tahun 2013 ini anak-anak PAUD binaan Sulinama yang diwisudakan berjumlah 311 anak.

Anak yang pindah ke TK 50 orang, dan 261 anak ke SD. Selama semester pertama  2013 di SD, anak-anak yang pindah ke SD ini memperlihatkan kemampuan baca-tulis yang sangat baik dan rata-rata mereka  menempati ranking 10 besar. Selamat dan sukses kepada anak- anak, dan terus pertahankan  prestasimu! 

 

Kurikulum PAUD dalam bahasa Nuaulu

“Tabea, Ibu Guru”! (Selamat, Ibu Guru!). Anak-anak menyapa ibu guru saat masuk kelas. Atau ketika mau pulang, “Nuni manea!” (Pulang jua). Begitulah ucapan selamat dalam bahasa Nuaulu yang diucapkan anak-anak PAUD Hunahane di kampung Rouhua Pantai, Kecamatan Amahai. 

Sejak 2013 anak-anak Nuaulu ini sudah bisa memakai bahasa ibu mereka di kelas PAUD, karena ibu-ibu guru mereka sudah menyesuaikan kurikulum Sulinama ke dalam bahasa Nuaulu. Bahan yang sudah dipakai dalam bahasa mereka adalah Diriku, Lingkungan, Tanaman, dan Binatang. Mereka tidak takut lagi dan senang ke sekolah, karena bisa berbicara dengan bebas dan lancar dalam bahasa mereka.

 

Tamu dari Kementerian Sosial Jakarta dan Finlandia

Bulan Oktober Sulinama kedatangan tamu istimewa, yaitu Bapak Isral dan Bapak Aji dari Biro Perencanaan Kementerian Sosial Pusat Jakarta, yang mengadakan evaluasi di Sulinama. Kami sangat senang mendapat tanggapan positif dari mereka. Sulinama juga dianjurkan untuk mencatumkan logo Kementerian Sosial di bahan-bahan dan kegiatan Sulinama. Selain itu, dua tamu dari Wycliffe Finlandia juga mengunjungi Sulinama bulan November. Mereka datang selaku pengurus dana bantuan bagi program PAUD ini, yang dihibah oleh Kementerian Luar Negeri Finlandia. Wycliffe senang melihat banyak kemajuan dari program ini dan memberi semangat bagi YS dan PAUD-PAUD untuk maju terus.

 

Yayasan Sulinama bermitra dengan:

  • Kementerian Sosial Republik Indonesia
  • Dinas Sosial Provinsi Maluku
  • Dinas Pendidikan Kota Ambon
  • Wycliffe Finlandia
  • SIL Internasional

 

Sulinama mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan atas kemitraan ini.